Kamis, 13 Oktober 2016

Catatan di Arafah

Bila sahabat fb suatu saat nanti di undang Allah untuk menunaikan ibadah haji, selepas tiba di tendanya di arafah, bila tiba sekitar pagi hari, sempatkanlah untuk berjalan ke arah bukit arafah atau biasa disebut jabal rahmah. Disekeliling jabal rahmah tersebut terdapat jalan yang lebar dan dipenuhi banyak mobil truk container.

Mulanya saya tidak tahu persis apa isi dari truk container tersebut, hingga esok pagi nya saya baru tahu bahwa isinya adalah makanan dan minuman yang akan dibagikann kepada seluruh jamaah haji untuk sarapan dan makan siang.

Masya Allah, saya sendiri menyaksikan betapa petugas begitu antusias membagi bagikan makanan dan juga minuman yang ada dalam kendaraan. ada yang mengambil satu box makanan, ada yang mengambil 2 box makanan, dan bahkan ada yang mengambil satu kardus besar box makanan yang mungkin isinya sekitar 10 atau 20 box kecil makanan.

Belum lagi minuman yang juga di bagi bagikan. ada air mineral, ada jus dalam kemasan dan lain lain. Disini saya mulai merasakan betapa pemerintah arab saudi serta perusahaan perusahaan saudi (terlihat dari beberapa container terdapat logo perusahaan besar yang ada di saudi) dan juga masyarakatnya yang dermawan, begitu memuliakan tamu-Nya, memberi pelayanan yang luar biasa. Semoga Allah memberi ketenangan dan keberkahan untuk negeri ini dan juga negeri ku nun jauh di sana, Indonesia.

note:
catatan ini tidak bermaksud supaya kita semangat untuk mengambil pemberian dari petugas yang membagikan, hanya sebagai renungan untuk kita semua, apakah kita bisa melakukan hal yang sama setiba di tanah air, membagikan makanan dan minuman kepada yang membutuhkan. Bukankah salah satu indikator diterima tidaknya ibadah haji kita ialah ketika sepulang dari berhaji, ia akan lebih banyak bersedekah dengan memberi makan orang banyak. wallahu a'lam.

#catatanselamadimekah

●●●

Diambil dari akun pribadi tertanggal 19 September 2016

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=10209022091286755&substory_index=0&id=1151556078

Tidak ada komentar:

Posting Komentar