Senin, 14 November 2016

Menulis itu Ga Perlu Tapi Penting

Menulis adalah sebuah kegiatan mengasyikan, menulis merupakan sarana menuangkan pikiran serta gagasan yang ada dalam pikiran ke dalam sebuah goresan tulisan. Setidaknya, itulah definisi menulis menurut saya.

Melalui tulisan, kita bisa menyampaikan gagasan yang sulit apabila dikatakan secara langsung. melalui tulisan pula, kita bisa menjelajah dan menuangkan fantasi alam pikiran kita ke dalam bentuk tulisan, sehingga pembaca dapat mengetahui dan merasakan apa yang kita rasa.

Bagi penulis pemula seperti saya, kendala yang dihadapi oleh ialah, kesulitan dalam mencari ide atau gagasan, terkadang, berhari hari tak ada ide yang muncul dalam pikiran sehingga kegiatan menulis pun pada akhirnya akan terhenti.

Solusi untuk permasalahan diatas ialah dengan, memaksakan diri untuk tetap menulis. Menulislah meskipun tak ada gagasan. Tulislah apapun yang ada dalam pikiran kita. Paksakan untuk tetap menulis, minimal 3 atau 4 paragraf, setelah itu simpan tulisan tersebut, hingga di saat santai, kita bisa lanjutkan tulisan kita itu sampai dengan selesai.

Menulislah sesuai dengan tema yang sangat di suka, seperti tema politik, ekonomi, sosial, budaya atau bahkan menulis tentang sesuatu yang berhubungan dengan traveling, bebas sesuka anda. Dengan begitu, anda akan nyaman menulis sesuatu yang anda suka dan ketahui.

Kendala lainnya adalah rasa malas dalam menulis, maka solusinya ialah memaksakan diri untuk menulis dengan cara mempunyai target mingguan, misal satu minggu harus memiliki minimal 1 tulisan. Dengan target seperti itu, hampir dapat dipastikan, dalam satu bulan kita mempunyai 4 tulisan. Untuk tahap awal jangan melihat dari segi kualitas, akan tetapi lihat dari kuantitas atau jumlah tulisan yang selesai di buat.

Dengan demikian, diharapkan, seiring waktu, kita akan memiliki tulisan yang enak di baca, mengalir dan gagasan yang kita tulis akan tersalurkan kepada pembaca dengan baik dan mudah dimengerti.

Itu saja mungkin yang dapat saya sampaikan dalam artikel kali ini, semoga menjadi pengingat untuk saya pribadi maupun pembaca pada umumnya. Dan semoga kita semua semakin rajin menulis, tentunya menulis diniatkan untuk kebaikan diri dan orang lain.

Dan pembaca, percaya atau tidak, tulisan yang anda baca ini adalah tulisan dari hasil menerapkan tips menulis seperti yang di tulis diatas. Sudah tiga hari ini saya tak ada gagasan serta apa yang ingin di tulis, tapi pada akhirnya, saya bisa juga menulis sebuah artikel yang pada awalnya tidak saya kira bisa selesai dengan 9 paragraf ini.

so, menulislah mulai dari sekarang..

Catatan Rizal, Ga Perlu tapi Penting

Tidak ada komentar:

Posting Komentar