Selasa, 05 Mei 2015

7 Hal Unik dan Menarik yang Ada di Masjid Arab SAudi

Bismillah
Dalam postingan kali ini saya akan mencoba untuk mengulas 7 hal menarik dan unik yang ada di masjid arab saudi di bandingkan dengan masjid-masjid lainnya di wilayah lain.
Berikut 7 hal menarik dan unik tersebut menurut versi on the eh salah hehe... Versi rizal;
1. Sandaran kursi di shaf pertama.

Di shaf / baris terdepan di lengkapi dengan sandaran, sehingga untuk jamaah yang datang ke masjid lebih awal dan menuju shaf terdepan posisi duduk bisa menyender ke sandaran yang ada. Hal ini membuat nyaman jamaah karena selagi berdzikir atau membaca al quran.
2. Banyak kursi lipat

Apabila kita berjamaah di masjid yang berada di arab saudi, apabila kita perhatikan di setiap masjid banyak terdapat kursi lipat. Kursi ini diperuntukan untuk jamaah yang sudah lanjut usia atau jamaah yang secara fisik tidak bisa duduk tahiyat awal maupun akhir. Sehingga membutuhkan kursi pada saat melaksanakan sholat.

3. Disediakan air minum gratis

Nah hal yang satu ini, membuat saya betah di masjid yang ada di arab saudi. Bagaimana tidak, apabila di saat kita haus, kita bisa langsung menuju show case yang didalamnya terdapat air mineral dalam kemasan botol 330 ml. Dan di beberapa masjid ada juga yang menyediakan air mineral dalam dispenser air yang bisa langsung kita ambil melalui gelas plastik sekali pakai.

4. Tidak terdapat mimbar

Berbeda dengan masjid yang berada di tanah air, masjid di arab saudi tidak terdapat mimbar. Kalau di tanah air, apabila ada ustadz yang memberi tausyiah biasanya melalui mimbar, kalo di arab saudi biasanya selepas sholat wajib, sang syeikh langsung tausiyah sambil posisi duduk atau berdiri.

5. Letak tempat wudhu terpisah dengan bangunan masjid.

Secara umum, bisa kita jumpai bahwa letak dari tempat wudhu selalu terpisah dengan bangunan masjid, hal ini dimungkinkan untuk menjaga kesucian masjid.

6. Ruangan sholat untuk perempuan (akhwat) terpisah

Sebagai negara yang menganut hukum islam, saudi juga memperhatikan mengenai interaksi antara lawan jenis. Untuk menjaga hal yang tidak diinginkan dan fitnah, maka untuk pelaksanaan sholat nya pun, kaum akhwat di saudienempati ruangan khusus akhwat yang letak nya di samping ruang utama masjid lengkap dengan tempat wudhu di dalamnya.

7. Kafsah gratis di hari jumat

Sedekah merupakan sunnah dan di anjurkan untuk dilaksanakan oleh seorang muslim dalam kesehariannya. Nah, masjid di arab saudi pada hari jumat, selepas sholat jumat biasanya membagikan makanan khas Kafsah yakni makanan yang terdiri dari nasi dan ayam. Memang tidak semua masjid membagikan makanan, ada beberapa masjid yang membagikan dalam bentuk uang tunai kepada jamaah yang membutuhkan. Tentunya hal ini di dukung oleh para donatur atau dermawan di sekitar masjid.

Itu tadi tujuh hal unik dan menarik yang ada di masjid di arab saudi. Terimakasih sudah mampir dan berkunjung :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar